Peringati Hari Bahasa Nimboran 29 Oktober ini, DAS Nambloung Rencana Luncurkan 100 lagu kidung Bahasa Nimboran & Buku

Sentani, 19/10/2021_ Rencana Peringatan Hari Bahasa Nimboran Tanggal 29/10/2021 ini akan digelar HUT Nambloung nembuo bahasa nambloung ( Nama Asli Nimboran Kabupaten Jayapura ). Dalam rangka itu komonitas kidung lembah grime bidang pendidikan di sponsori langsung oleh Organisasi perempuan adat Nimboran yang diketuai oleh Ibu Rosita Tecuari akan meluncurkan 100 lagu kidung bahasa yang di kemas dalam bentuk diktat, selain itu juga mereka menluncurkan buku baca tulis dalam bahasa Nambloung atau nimboran.

Rencana kegiatan tanggal 29/10/2021 ini akan terlibat Semua komonitas adat di bawa Naungan Dewan Adat Suku Nambloung Yang di ketuai bapak Matius sawa.

Rencana kegiatan yang di dorong ini berhasil membentuk komonitas kidung lembah grime dengan ketuanya yang dipilih bapak Marthen hamong melalui rapat resmi Tanggal 15 di pondok adat ( saliap ) ketua Dewan adat Suku Nambloung Bapa matius sawa Kampung Nembukrang sari Distrik Nimbokrang.

Kegiatan peluncuran kidung-kidung berbahasa Nimboran ini mendapat dukungan langsung dari group musik GRIME ROOTS BAND KOMONITAS yang di pimpin oleh Yunus Sawa. SH.

Ketua DAS Nambloung Bapak Mathius Sawa dalam arahannya mengajak semua masyarakat adat Tetap semangat dan selalu andalkan Tuhan, ia menambahkan untuk kegiatan ini pihaknya mengaku tidak ada anggaran yang disiapkan, dalam arahannya itu ia tetap meyakinkan masyarakat adatnya bahwa uang nanti Tuhan yang kirim melalui anak-anak lembah yang punya hati untuk melestarikan bahasa ibu, Kalau de anak Namblong pasti de tahu pentingnya bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa adalah paspor atau sandi untuk hubungan beriteraksi kita antara manusia, alam dan dengan Tuhan yang menciptakan kita, tuturnya. pemantik.id/YS

3 pemikiran pada “Peringati Hari Bahasa Nimboran 29 Oktober ini, DAS Nambloung Rencana Luncurkan 100 lagu kidung Bahasa Nimboran & Buku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *