Pemberdayaan TIK di Kabupaten Jayapura Melibatkan anak – anak Muda dari kampung

Sentani, 22/4/2022_Pelatiha teknologi VSAT dan pengelolaan infrastruktur internet berbasis komunitas yang di sekenggaran selama dua hari 20-21 April,2022 di kabupaten Jayapura, lebi banyak melibatkan anak-anak muda yang domisilinya di kampung dan diorganisir dalam wadah Pace- Mace Admin Teknologi Informasih dan Komunikasih ( PEMANTIK Kabupaten Jayapura).

Pelatihan ini merupakan bentuk pemberdayaan Teknologi Informasih dan komunikasih kepada masyarakat secara langsung melalui Komunitas lokal yaitu melalui wadah Pemantik kabupaten Jayapura dibawah bimbingan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, untuk pelatihan kali ini merupakan awal kegiatan yang di sponsori oleh NGO ( Commonroom ).

Misi Pemberdayaan TIK DiKabupaten Jayapura yang di dorong selama ini mendapat dukungan penuh dari pihak NGO, Commonroom, salah satu NGO di Indonesia yang bekerja sama dengan Digital Access Programme Pemerintah Inggris. Mendorong Program Sekolah Internet Komunitas di 9 daerah, termasuk di Papua yaitu di kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura Mathius Awoitau SE M.Si melalui Asisten 1, Bidang Pemerintahan Setda kabupaten Jayapura Elphyna E.D Situmorang, AP., S. Sos,. MKP dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesenjangan jaringan internet di kabupaten Jayapura memang masih perlu peningkatan, sehingga membatu pemerintah daerah dalam mendorong program-program yang yang bersinergi dengan sistim informasih, Ibu Elphyna juga menambahkan bahwa saat ini pemerintah daerah lagi focus dengan program Distrik satu data, hal ini perlu mendapat dukungan penuh dari peserta pemantik ini, sehingga merekalah yang akan membekap di lapangan, termasuk memberikan informasih langsung dari bawah melalui media-media (website kampung & distrik yang sudah ada )

Saat bersamaan Kepala Sekolah Internet Komunitas Indonesia Erni Sulistiowati saat menyampaikan sambutannya juga mengharapkan agar pengembangan internet di daerah, harus melibatkan peran dari masyarakat lokal, sehingga masyarakat juga turut serta mendorong kemajuan pembangunan didaerahnya.

Gustaff Harriman Iskandar, Direktur Commonroom Indonesia juga menyampaikan bahwa pihaknya mendorong upaya-upaya peningkatan akses internet di 9 daerah yang ada di Indonesia, dengan focus utama yaitu pemberdayaan SDM dan peningkatan infrastruktur layanan internet berbasis komunitas.

Pelatihan selama dua hari ini di lakukan hari pertama 20/4/2022 di aula bupati Jayapura Lante 1, peserta focus menerima materi jaringan internet, setelah itu hari ke dua 21/4/2022 peserta melakukan praktek langsung di Home Best Pasifik Satelit Nusantara Tana Hitam Abepura, Dangan materi pemasangan VSAT dan konektifitas jaringan internet melalui satelit.

Ketua Pemantik Kabupaten Jayapura Obed Kromsian saat di mintai keterangan menyampaikan bahwa, dalam upaya peningkatan SDM dalam rangma mendorong kemajuan sistim informasih, pihaknya lebih banyak melibatkan anak-anak muda dari kampung, kali ini yang kami libatkan adalah anggota pemantik sendiri, dan anak-anak tamatan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, serta ada juga relawan TIK Papua.

Dari pantauan kami selama kegiatan, Ada kemajuan yang terjadi pada peserta, hal ini dilihat dari hasil penilaian tim Commonroom bahwa keterlibatan anak-anak SMK cepat sekali tanggap apa yang di sampaikan pemateri, dan langsung dipraktekkan.

ketua Pemantk kabupaten Jayapura berharap, kedepannya akan tetap melibatkan anak-anak tamatan SMK yang ada di kampung, yang belum mendapat pekerjaan, supaya memiliki pengalaman untuk kembali membangun kampungnya sendiri, tidak menutup kemungkinan jika peserta itu dinilai Arif maka pihak-pihak terkait lainnya juga pasti akan merekrutnya untuk dipekerjakan sebagai tenaga kerjanya. pemantik.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.