Mubes Keluarga Besar Tabi Papua barat Akan di Gelar di Manokwari 27-29 April 2022

Sentani,22/3/2022_Tema Musyawarah Besar Kerukunan Mamta-Tabi Papua Barat‘’ Melalui Musayawarah Besar Kerukunan Keluarga Manta-Tabi Se-Papua barat dapat Merajut Kebersamaan Dalam Satu Tali Kasih Persaudaraan Mamta-Tabi Di Papua Barat’’

Kerukunan Keluarga Mamta-Tabi atau yang berasal – usul dari kesatuan culture Wilayah Adat Mamta yang meliputi Kabupa­ten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya. Berdasarkan wilayah adat dan budaya masyarakat Mamta-Tabi merupakan suatu komunitas budaya yang tidak dapat dipisahkan dari tradisi kesatuan budaya dalam wilayah adat Mamta-Tabi.

Bagian pengertian ini menjadi dasar bagi masyarakat tabi di Papua barat, komitmennya tidak dapat dipisahkan sampai kapanpun dan dimanapun, hal ini menjadi spirit culture dari Dasar budaya, yang mana Kerukunan Keluarga Mamta Tabi Papua Barat selalu berpegang pada komitmen bahwa secara Administrasi Pemerintahan boleh berdiri secara aturan pemerintahan atau Undang-Undang yang berlaku dalam pembentukan Kabupaten dan Kota di Wilayah Adat Mamta-Tabi, tetapi berdasarkan culture/budaya bahwa kita adalah satu kasatuan masyarakat adat yang tidak dapat dipisahkan.

Kerukunan Keluarga Mamta-Tabi di Provinsi Papua Barat telah terbentuk sejak lama disetiap kabupaten kota di papua barat yang dikenal dengan nama atau sebutan Ikatan Keluarga Mamta/Jayapura sehingga dengan usulan setiap ketua-ketua/pengurus kerukunan Mamta-Tabi disetiap kabupaten kota harus segerah ada Musyawarah Besar untuk segera membentuk Kerukunan Keluarga Mamta-Tabi di tingkap provinsi dengan tujuan agar mempermuda pendataan keluarga Mamta-Tabi, komunikasi program-program kerja Kerukunan keluarga Mamta-Tabi di setiap kabupaten dan kota diseluruh papua barat.

Musyawarah Besar ( MUBES ) merupakan agenda 5 tahunan yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kerukunan Keluarga Mamta-Tabi Provinsi Papua Barat. Musyawarah Besar ini diadakan dalam rangka memilih kepengurusan periode 2022-2027. Dengan terbentuknya kepengurusan periode 2022-2027 ini, berbagai kegiatan dapat direncanakan dan ditindak lanjuti sesuai program. Sehingga semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dapat merasakan manfaatnya.

Ketua panitia Musyawarah Besar Kerukunan Keluarga Mamta-Tabi Papua Barat Yance Samonsabra SH.M.Si ( Anggota DPD RI Dapil Papua Barat ) menyampaikan bahwa Kerukunan Masyarakat tabi bukan sekedar organisasi yang apatis, tetapi secara aktif dapat memberikan pembelajaran kepada anggotanya dan menjadi wadah pemersatu seluruh kerukunan keluarga mamta disetiap kabupaten/kota di provinsi papua barat. Kerukukunan keluarga Mamta-Tabi juga berusaha melakukan komunikasi yang aktif kepada berbagai elemen masyarakat dan berpartisipasi membantu, mengawal pemerintah daerah sebagai wujud dari visi dan misi Kerukunan Keluarga Mamta-Tabi kedepan.

Kerukunan Keluarga Mamta Tabi Prov. Papua Barat, Akan terus membantu Pemerintah Provinsi Papua Barat dan mengawal seluruh Program Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Salah satu perwakilan masyarakat Tabi di Papua barat, Guntur yang didelegasikan bertemu Ketua Forum Kepala Daerah Setanah Tabi yang adalah Bupati Jayapura 14/3/2022 lalu , menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengn Bupati Jayapura di gunung merah sentani, dari pertemuan itu kata Guntur bupati Jayapura Bapak Mathius Awoitau SE M.Si selaku Ketua Forum kepala Daerah setanah tabi akan hadir dipapua barat mengikuti Musyawarah besar Masyarakat Tabi di sana. pemantik.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.