Meningkatkan Minat Baca di Kampung, Perlu ada Keterlibatan Semua Pihak.

Sentani 20/9/2021_ Hanggrang Yemo di kelola oleh Gereja Bethel Indonesia Sion Besum di kampung Besum Distrik Namblong Kabupaten Jayapura, pada tanggal 22 April 2021 resmi di buka.

Hal ini merupakan wujud kepedulian pihak gereja akan keadaan generasi muda yang sudah acuh tak acuh terhadap pendidikan, serta mulai dipengaruhi oleh pergaulan bebas di kalangan anak muda dan dewasa ini apalagi pengaruh Medsos.

Kepedulian Gereja terhadap nasib Generasih muda di wilayah besum menjadi tujuan utama yang diperjuangkan, hal ini berbuah manis dengan dihadirkannya Duta baca Kabupaten Jayapura (ibu. Hanni Felle) di kampung besum bertatap muka secara langsung dan memberi bantuan sejumlah buku sebagai motifasih awal buat pihak gereja.

Awalnya pihak gereja mendorong aktifitas minat baca dengan membuka Taman Baca yang menghimpun anak-anak, taman baca ini selanjutnya dijadikan sebagai pusat aktifitas membaca anak-anak di besum, sampai dengan saat ini, telah berubah status menjadi perpustakaan kampung.

Aktifitas yang dijalankan Pengelolah selain baca diawali dengan mengajar anak-anak sekolah Minggu, hampir 60 anak-anak menjadi peserta yang selalu aktif.

Para pengelola juga menyadari, bahwa masih banyak kendala yang harus dihadapinya, Salah satu Pengelola Perpustakaan Besum Dessi Injonggrang menyampaikan bahwa, kegiatan ini sudah berjalan lama, dan akhir-akhir ini daya tarik anak mulai menurun sehingga hampir 20an anak saja, ini bisa terjadi karena kurangnya peran orang tua, hampir sebagian besar belum memahami pentingnya kehadiran perpustakaan di kampung,

Dessy juga berharap, Untuk meningkatkan pengetahuan dan pola pikir masyarakat, harus di laksanakan sosialisasi dari Instansi terkait tentang maanfaat hadirnya perpustakaan di kampung sebagai pusat informasih dengan melibatkan semua stekholder di distrik dan kampung agar supaya terpantau, kami hanya penggerak, tanpa di beri imbalan apapun, modal kami hanya kepedulian, manjalankan fungsi kemanusiaan kami, tuturnya. pemantik.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *