Masyarakat adat Suku Bonya Maribu Mulai Bangun Rumah Adat di Kampung, Menjelang Kongres AMAN.

Informasi

Sentani,11/5/2022_Suku Bonya kampung Maribu Distrik Sentani Barat kabupaten Jayapura, saat ini mulai melakukan persiapan membangun Rumah Adatnya ( Salyap) secara sukarela.

Kegiatan ini sudah di rencanakan jau-jau hari, hanya saja di tahun ini bertepatan dengan pelaksanaan Kongres AMAN di kabupaten Jayapura, maka proses pembangunannya di percepat.

Clombus Bunyadone, Anak Kandung dari Ondoafi Maribu Zakarias Bunyadone saat di wawancarai via telepon Jumat 6/5/2022 menyampaikan bahwa Tujuan dari Suku Bonya kampung maribu membangun rumah adat ini adalah menata kembali dan mengangkat kembali nilai-nilai adat istiadat yang sudah ada sejak dulu, oleh sebab itu kami suku bonya bertekat untuk melestarikannya kembali.

Tahapan Pembangunan Gedung/Rumah Sariyap atau Rumah Adat Suku Bonya ini sudah di mulai dari Tanggal 1 Desember 2021 yang lalu, hanya memang agak lambat karena soal pendanaan saja.

Memang dalam tahapan pembangunan awal, kami keluarga besar suku Bonya kampung maribu membangunnya dengan Swadaya kami sendiri, setelah itu kami mendapat bantuan sedikit-sedikit dari anak-anak kami yang merasa kelebihan, contohnya salah satu Pendeta anak asli disini ( Pdt. Petrus Bunyadone ) yang merasa terpanggil untuk membantu, disamping itu juga Kami mendapat support juga dari pemerintah kampung maribu.

Menurut Clombus dengan membangun Rumah Adat ini, kami suku bonya akan mendidik Anak-anak kami dan ereka akan melestarikan adat istiadatnya, serta melakukannya.

Soal pelaksanaan Kongres AMAN yang tinggal kurang lebih empat bulan lagi, selain melakukan persiapan menerima kedatangan Saudara-saudara kita Masyarakat adat dari seluruh Nusantara ini, yang jelas kami dukung penuh proses pelaksanaan itu.

Clombus Mengharapkan, Momen besar ini merupakan hal positif, mengingatkan kita orang-orang beradat, untuk kembali mengenal keaslian kita, menghayati nilai-nilai tradisional kita sendiri dan mengenal jati diri sendiri, serta mempertahankan hak-hak dasar yang melekat dan mewariskan ke anak cucu. pemantik.id/ok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.