Gubernur Papua Barat: Warga Tabi adalah salah satu Pilar yang memajukan Papua barat.

Sentani, 30/4/2022_Musyawarah besar Masyarakat Tabi Provinsi Papua barat, yang diselenggarakan selama dua hari 28-29 April 2022 di tutup secara resmi oleh Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan.

Kurang lebih 500 orang peserta Mubes yang datang sebagai perwakilan dari 13 kabupaten kota yang ada di Papua Barat mengikutinya dengan baik sampai selesai.

Saat pemilihan berlangsung pengurus Devinitif berhasil di pilih dengan Ketua terpilih hasil Mubes Ke-1 tahun 2022 atas nama Dr. Edison Ompe, S.Pd M.Si asal dari wilayah adat Grime Kabupaten Jayapura yang hari-harinya sebagai anggota ASN aktif  di pemerintah provinsi Papua barat dengan jabatan Sekertaris Kesbangpol Papua barat.

Kedatangan Gubernur Papua Barat Ke lokasih Mubes di sambut meriah oleh warga Tabi yang ada di Papua barat, saat sambutan Mandacan mengawalinya dengan berterimakasih kepada semua warga masyarakat Tabi yang ada di provinsi Papua barat, karena selama ini telah ikut berpartisipasi dalam segala aspek, misalnya saat pemilu masyarakat Tabi ikut menyumbangkan hak politiknya, dalam birokrasi pemerintahan warga Tabi ikut berpartisipasi sesuai jabatannya, didunia usaha, dunia kampus banyak hal yang telah dibuat oleh masyarakat Tabi di Papua barat.

Mandacan juga memperkenalkan dirinya di depan warga Tabi, bahwa dirinya juga adalah bagian dari masyarakat Tabi, karena Proses Menjadi Orang berawal dari Tanah Tabi, hal itu tak bisa dipungkiri, ia menceritakan tentang dirinya sendiri saat melakukan studi sejak SD sampai perguruan tinggi semua di Jayapura, sehingga menurut dia, Tabi tidak asing lagi bagi dia, warga Tabi adalah keluarga kami juga tuturnya

Lanjut mandacan, Selaku Pimpinan pemerintah provinsi Papua barat, dan selaku kepala suku besar Arfak Manokwari saya berterimakasih banyak buat keberadaan saudara-saudara di sini, kami turut merasakan bahwa keberadaan masyarakat Tabi ikut membantu pemerintah daerah dalam memajukan Papua barat di berbagai sisi.
Semua suku yang menetap di Papua barat, termasuk suku Tabi merupakan pilar-pilar yang terbaik yang membekab kemajuan Papua barat.

Usai sambutan, Gubernur Papua Barat juga kepala suku Arfak langsung melakukan prosesi pelantikan dengan memakaikan Asesoris topi cenderawasih sebagai makota pemimpin kerukunan di kepala Ketua Pengurus Masyarakat Tabi Papua barat.

Usai pelantikan, Ketua Dewan Adat Wilayah 1 Tabi Daniel Toto mewakili Masyarakat Adat Tabi di Papua mengalungkan Gelang batu kepada Ketua terpilih Kerukunan Masyarakat Tabi Provinsi Papua Barat  Dr. Edison Ompe, S.Pd M.Si sebagai bentuk tanggung jawab moril secara suku besar Tabi untuk mempertahankan nilai-nilai murni orang Tabi di wilayah hukum adat orang lain.

Ketua Dewan Adat Wilayah 1 Tabi juga menggantungkan noken adat berisi Manik-manik dan Kapak batu di leher Kepala Suku Arfak, selaku pimpinan suku Arfak dan juga sebagai Gubernur provinsi Papua Barat, pertanda bahwa segala bentuk tanggung jawab dari seluruh masyarakat adat Tabi, di percayakan kepadanya sebagai orang tua untuk menasehati, menjaga serta membimbing warga masyarakat Tabi yang dititipkan di provinsi Papua barat, dengan penuh harapan bahwa, selama waktu berjalan, Pemerintah dan masyarakat adat yang ada di sana juga bisa bekerja sama, membangun kemitraan untuk Papua barat kedepan, begitu juga sebaliknya.

Dalam laporan panitia bahwa, Mubes pertama Kerukunan Masyarakat Tabi Papua barat di tahun 2022 ini mendapat dukungan biaya dari Gubernur provinsi Papua barat Dominggus Mandacan sebesar Rp. 200.000.000, bupati Manokwari Hermus Indou, SIP., MH sebesar Rp. 100.000.000 rupiah dan Ketua Forum kepala Daerah Tabi yang juga adalah Bupati Jayapura  Mathius Awoitau SE M.Si  sebesar Rp. 50.000.000 rupiah.

Usai kegiatan pelantikan itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari dan rombongan menikmati  Makan bersama warga Tabi, setelah itu masing-masing langsung bergegas meninggalkan lokasih kegiatan. pemantik.id/ok

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.