Data Kependudukan Kalau tidak diseriusi, Maka Wacana penambahan kursi DPR Hanya Sekedar wacana Saja

Sentani 27/4/2022_ Di sela-sela kegiatan peresmian Balai Pelatihan Komputer didistrik Nimboran Selasa 26/4/2022, dalam rangka mewujudkan program Distrik membangun, membangun distrik (DMMD) yang dalam implementasinya akan didorong sistim pendataan penduduk dan sistim informasih, mendapat tanggapan serius dariĀ  Lodik Y.MF. AP, S.Pd.K
Anggota KPUD Kabupaten jayapura, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipatif Masyarakat & SDM.

Bupati Jayapura Saat Meresmikan Balai Pelatihan di Dstrik Nimboran

Menurutnya, Program Distrik Satu data ini merupakan solusi pemecahan banyak masalah yang selama ini terkendala yang harus di seriusi dengan baik.

Ia menambahkan bahwa, Dalam menjalankan amanat undang-undang, sejak tahun 2020 lalu KPU dan Jajarannya di daerah termasuk kita KPUD KABUPATEN JAYAPURA Melaksanakan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan ( DPB ), Amanat undang-undang ini tertuang dalam Pasal 14, 17, dan 20 UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Tujuan dari Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan ini adalah memperbaharui data Pemilih guna mempermudah proses Pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Data Pemilih Berkelanjutan, merupakan tugas Penyelenggara untuk memastikan penambahan data pemilih yaitu memasukkan pemilih yang telah memenuhi syarat yaitu yang telah berumur 17 Tahun atas atau telah menikah walau usianya masih 15 atau 16 Tahun, telah pensiun dari anggota TNI/POLRI dan pengurangan data pemilih yang telah meninggal dunia. Terkait dengan data meninggal ini, tidak bisa secara langsung kita menghapus datanya kalau tidak ada surat akta Kematian atau laporan tertulis dari keluarga.

Untuk saat ini, menurut data rilis dari DINAS DUKCAPIL, bahwa jumlah Penduduk Kabupaten Jayapura 171.163 Jiwa,

Terkait dengan rencana atau wacana Penambahan jumlah 30 Kursi di DPRD kabupaten Jayapura pada Pemilu Tahun 2024 nanti, itu semua bergantung pada jumlah penduduk.

Sesuai Aturan bahwa untuk mencapai 30 Kursi di DPRD, sekurang-kurangnya jumlah Penduduk harus sebanyak 200.001 jiwa. Jika kita semua menginginkan ada penambahan kursi, maka kami berharap ada dukungan dan kerja sama dari para pemangku kepentingan dalam hal ini peran penting dari teman-taman di Dinas terkait dan juga Teman-teman Partai Politik danĀ  di DPRD KABUPATEN JAYAPURA, Karena Kami KPUD ini hanya sebagai Pengguna Data bukan kami yang mengolah data. Jadi batas waktu kerja hanya tinggal 4 bulan terhitung sejak bulan mei sampai bulan Agustus tahun 2022 ini, karena sesuai rancangan jadwal pelaksanaan pemilu 2024, pada bulan September tahun 2022 Data Agregat Kependudukan PerKecamatan atau DAK2 akan di keluarkan oleh Kemendagri, jika data DAK2 ini sudah keluar dan kita di kabupaten Jayapura tidak ada perubahan dalam artian tidak ada penambahan jumlah Penduduk dan masih tetap di angka 171.163 maka jangan kita bermimpi untuk dapat 30 Kursi di DPRD. dan kalau kursi DPRD tetap 25 Kursi jangan kalian salah kami KPUD, karena kami hanya sebagai pengguna Data bukan sebagai Penggola Data..pemantik.id/ok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.